Pesantren Kesayangan ku

Pesantren Kesayangan ku
PONDOK PESANTREN BAITUL MAGHFIROH

IQRO

Mana Yang Afdlal Alhamdulillah Atau Yang Lailahaillah

Ulama' berselisih faham tentang manakah yang lebih utama, apakah bacaan Alhamdulillah atau Lailahailah ? Segolongan ulama' mengikuti yang pertama, karna hamdu (pijian) merupakan pengesaan dan pujian. Dan dalam Lailahailah hanya pengesaan saja. mereka berhujah dengan haditsnya Abi Hurairoh dan Abi Sa'id rodliallahu 'anhuma secara marfu' "barang siapa mengucapkan Lailahailah, akan ditulis baginya sepuluh kebaikan, dan diampuni sepuluh keburukan. Barang siapa mengucapkan Alhamdulillahirobbil 'alamin, ditulis tigapuluh kebaikan, dan akan diampuni darinya tigapuluh keburukan.

Dan golongan yang lainmengikuti pendapat kedua, karena Lailahailah menafikan kekafiran dan tentang Lailahailah manusia akan ditanya. Meeka berhujah dengan kanjengNabi sa, "sebaik baik ucapan yang aku ucapkandan diucapkan oleh para nabi sebelumku adalah " Lailahailah " Dan firman Allah dalam hahadits qutsi, "orang - orang yang disibukan dengan dzikir kepada-Ku, maka Aku akan memberiia, afdlanya yang telah diberikan pada para pemohon".

Golongan kedua ini memberikan jawaban dari masalah dalam hadits Habi Hurairah, Sesungguhnya duapuluh kebaikan yang telah disebutkan, untuk orang yang mengucapkan Lailahailah, walau lebih sedikit jumlahnya dibanding tiga puluh, tetapi tiga puluh itu lebih utama

Artikel Terkait



0 komentar:

geo fles