Pesantren Kesayangan ku

Pesantren Kesayangan ku
PONDOK PESANTREN BAITUL MAGHFIROH

IQRO

komputer

PENDAHULUAN

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesat uan. Informasi dan dat a bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/ software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komput er, print er at au periferal yang t erhubung dengan j aringan disebutnode. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan at au bahkan jutaan node.

Tujuan dari jaringan komputer adalah untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang ada dalam jaringan t ersebut sehingga informasi dapat dit ransfer dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Karena suatu perusahaan memiliki keinginan/kebutuhan yang berbeda-beda maka terdapat berbagai cara jaringan terminal-terminal dapat dihubungkan. St rukt ur Geomet ric ini disebut dengan LAN Topologies.

Terdapat enam Network Topologi yaitu :

  • Star
  • Mesh
  • Ring
  • Bustree
  • Hybrid

Setiap topologi memiliki karakteristik yang berdeda-beda dan masing-masing j uga memiliki keunt ungan dan kerugian. Topolog tidak tergantung kepada medianya dan set iap t opologi biasanya

menggunakan media sbb :

  • Twisted pair
  • Coaxial cable
  • Optical cable, atau
  • Wireless.


I. Jenis-Jenis Jaringan Komputer Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu:

  1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi danw or kst at i on dalam kant or suat u perusahaan at au pabrik-pabrik unt uk memakai bersama sumberdaya (r esouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

  1. Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

  1. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geograf is yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN t erdiri dari kumpulan mesin- mesin yang bertujuan untuk menjalankan program- program (aplikasi) pemakai.

  1. Internet

Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke j aringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar j aringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebutgat e w ay guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan j aringan yang t erint erkoneksi inilah yang disebut dengan int ernet .

  1. Jaringan Tanpa Kabel

Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel t idaklah mungkin dibuat di dalam mobil at au pesawat . Saat ini j aringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanf aat kan j asa sat elit dan mampu memberikan kecepat an akses yang lebih cepat dibandingkan dengan j aringan yang menggunakan kabel.

II. Topologi Jaringan Komputer Topologi adalah suat u cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk j aringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalahb u s, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

1. Topologi BUS

Keunt ungan

  • Hemat kabel
  • Layout kabel sederhana
  • Mudah dikembangkan

Kerugian

  • Det eksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
  • Kepadatan lalu lintas
  • Bila salah sat u client rusak, maka j aringan t idak bisa berf ungsi.
  • Diperlukan repeat er untuk j arak j auh

2. Topologi TokenRING

Metode token-ring (sering disebut ring saj a) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan

Keuntungan

  • Hemat Kabel

Kerugian

  • Peka kesalahan
  • Pengembangan j aringan lebih kaku








3. Topologi STAR

Kont rol terpusat , semua link harus melewat i pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan st asium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perint ah dari server.












Keuntungan

  • Paling fleksibel
  • Pemasangan/ perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian j aringan lain
  • Kontrol terpusat
  • Kemudahan det eksi dan isolasi kesalahan/ kerusakan
  • Kemudahaan pengelolaan jaringan

Kerugian

  • Boros kabel
  • Perlu penanganan khusus
  • Kontrol terpusat (HUB) j adi elemen kritis

4. Topologi Peer-to-peer Network

Peerartinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komput er (biasanya t idak lebih dari 10 komput er dengan 1-2 print er). Dalam sist em j aringan ini yang diut amakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komput er Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan. Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer 'kuno', misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komput er lamanya. Ia cukup memasang network card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan unt uk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelaj ari dan dipakai.

III. Manfaat Jaringan Komputer

  • Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersamasama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer meangatasi masalah jarak.
  • Reliabilitast i nggi, dengan j aringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Misalnya, semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, t iga at u lebih komput er yang t erkoneksi kej aringan. Sehingga bila salah sat u mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
  • Menghemat uang. Komput er berukut an kecil mempunyai rasio harga/ kinerj a yang lebih baik dibandingkan dengan komput er yang besar. Komput er besar sepert i mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/ pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepat an inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sist em yang t erdiri dari komputer-komputer pribadi.

Komponen Jaringan

1. Media Transmisi Data

A. Kabel UTP

Jaringan komput er sekarang menggunakan kabel UTP (Unshielded Twist ed Pair) dengan st andar 100 base - TX Fast Ethernet. Kabel UTP terdiri dari 4 pasang kawat berulir (t wist wed Pair Wire) sehingga pada kabel itu semuanya terdapat 8 kawat. Setiap pasang akawat ini di beri kode warna, yang pert ama warna penuh (Biru, Jingga, Hijau atau cokelat) dan pasangannya yang berulir seput ar yang ut ama t adi dengan warna put ih dan st rip warna yang sesuai dengan pasangannya.












Gambar Kabel UTP

B. Kabel Koaksial

Kabel ini mempunyai sifat -sifat sebagai berikut :

  • paling populer digunakan pada Local Area Net work ( LAN)
  • memiliki bandwidth yang lebar, sehingga bisa digunakan untuk komunikasi broadband (multiple channel)
  • ada bermacam-macam jenis kabel coax seperti kabel TV, thick, ARCnet , dan t hin coax.
  • thick coaxia di kenal dengan nama 10Base5, biasanya digunakan untuk kabel backbone pada instalasi jaringan ethernet antar gedung. Kabel ini sulit dit angani secera fisik karena t idak flexibel dan berat, namun dapat menjangkau jarak 500 m bahkan 2500 m dengan repeater.
  • thin coaxial lebih dikenal dengan nama RG-58,cheapernet, 10Base2, dan thinnet, biasanya digunakan untuk jaringan antar workstation. Dapat digunakan untuk implement asi topologi bus dan ring karena mudah dit angani secara f isik

insulator luar

insulator dalam

konduktor luar

konduktor dalam














Gambar Kabel kaksial thick atau thick ethernet

C. Fiber Optic

  • Ma al
  • Bandwidt h lebar
  • hampir t idak ada resist ansi dan loss
  • tidak bisa di-t ap di t engah
  • tidak terganggu oleh cuaca dan panas
  • merupakan salah sat u kabel ut ama di masa depan

Gambar Fiber Optik

D. Wireless

  • inst alasi mudah dilakukan
  • set iap workst at ion berhubungan dengan hub at au

cosent rat or melalui gelombang radio at au infra

merah

2. Hardware Jaringan

A. Server

Secara umum server adalah komputer program yang menyediakan service kepada komputer program lain yang sama at aupun berbeda. Dalam model programming client/ server, server adalah program yang menunggu dan memenuhi permintaan dari client program yang sama at au berbeda.

Artikel Terkait



0 komentar:

geo fles