Pesantren Kesayangan ku

Pesantren Kesayangan ku
PONDOK PESANTREN BAITUL MAGHFIROH

IQRO

Pelajaran Pertama Huruf Arab

Catatan penting: bahasa Arab ditulis dari arah yang berlawanan dengan bahasa Indonesia (dari kanan ke kiri).

Catatan:

  • Untuk mengetahui nama dari tiap huruf di dalam tabel berikut, biarkan pointer mouse diam untuk beberapa saat pada tulisan tersebut (nama akan muncul dalam tooltip).

  • Dalam bahasa Arab tidak ada huruf yang setara dengan huruf "P" atau huruf "G" (seperti dalam "Gambar"), tetapi beberapa bahasa yang menggunakan huruf Arab (seperti Urdu dan Persia) meletakkan tiga titik di bawah huruf (ba') yang kemudian diucapkan sebagai "P" dalam "Paman" dan pada huruf (Jim) yang selanjutnya diucapkan sebagai "G" dalam "Gambar".
  • Huruf yang pengucapannya ditandai merah, merupakan kemungkinan ucapan yang paling mirip dalam bahasa Indonesia. Untuk benar-benar mengetahui bagaimana cara mengucapkannya, Anda harus mendengar dan berusaha terbiasa dengannya. Saya berjanji menambahkan contoh suara untuk tiap huruf (saya sedang mengusahakannya, jadi tetaplah kembali lagi!!).
  • Satu hal lagi... Dalam bahasa Arab, tidak ada huruf besar atau kecil, Anda hanya perlu menulisnya (saya hanya ingin Anda tahu itu!!)
Huruf Arab Diucapkan
Seperti Dalam
Audio
Alef A A nak
Alef
Ba' B / P B apak/ P asar
Ba'
Ta' T T adi
Ta
Tha' Ts Ts abit
Tha'
Jeem J J am
Jeem
Ha' H H arus
Ha
Kha' Kh Kh awatir
Kha
Dal D D ari
Dal
Thal Dz Dz at
Thal
Ra' R R ontok
Ra
Zay Z Z akat
Zay
Seen S S atu
Seen
Sheen Sy Sy aitan
Sheen
Sa'd Sh Shodaqoh
Sad
Dha'd Dh D ompet
Dhad
Ta' Th Th oko
Ta'
Za' Zh Zh ombi
Za
Ain' 'A Jama 'a h
Ain
Ghain Gh G aransi
Ghain
Fa' F F antastis
Fa'
Qaf Q Q omar
Qaf
Kaf K K amar
Kaf
Lam L L ampu
Lam
Meem M M akan
Meem
Noon N N asi
Noon
Ha' H H adiah
Ha'
Waw W W anita
Waw
Ya' Y Y akin
Ya
Hamza A A tas
Hamza

Pelajaran 2
Bentuk-bentuk Huruf Arab yan Berbeda

Dalam bahasa Arab, setiap kata ditulis dalam bentuk yang bersambung (artinya, huruf - huruf dalam sebuah kata digabung menjadi satu. Tidak ada bentuk kapital pada tulisan bahasa Arab. Oleh sebab itu, huruf-huruf ditulis dalam empat bentuk yang berbeda, tergantung pada posisinya pada suatu kata. Berikut ini adalah tabel yang menunjukan semua bentuk tulisan untuk setiap huruf Arab. (ingat bahwa bahasa Arab ditulis dari sisi kanan ke sisi kiri Anda):

Audio Bentuk di Akhir Benruk di Tengah Bentuk di Awal Bentuk Terpisah Huruf
Alef
Alif
Ba'
Ba'
Ta
Ta'
Tha'
Tsa'
Jeem
Jim
Ha
Ha'
Kha
Kha'
Dal
Dal
Thal
Dzal
Ra
Ra'
Zay
Zay
Seen
Sin
Sheen
Syin
Sad
Shod
Dhad
Dhod
Ta'
Tho
Za
Dzo
Ain
‘Ain
Ghain
Ghoin
Fa'
Fa'
Qaf
Qof
Kaf
Kaf
Lam
Lam
Meem
Mim
Noon
Nun
Ha'
Ha
Waw
Waw
Ya
Ya'



Catatan:

  • Perhatikan bahwa enam huruf berikut: Alif (A), Dal (D), Dzal (Dz), Ra (R), Zai (Z), Waw (W), yaitu huruf-huruf yang ditandai dengan warna merah pada tabel sebelumnya, memiliki bentuk tengah dan akhir yang sama (ini berarti, apabila huruf-huruf tersebut berada di tengah atau awal kata, maka huruf-huruf tersebut tidak dapat digabung dengan huruf yang ada setelahnya).
  • Apabila salah satu huruf dari enam huruf yang disebutkan di atas berada setelah huruf lain yang sekelompok dengannya, maka huruf yang kedua ditulis dalam bentuk terpisahnya. (Bingung? Contoh untuk hal ini ada pada pelajaran berikutnya!! )
  • Ketika huruf Alif ada setelah huruf "Lam", maka keduanya ditulis dalam bentuk yang berbeda dengan yang di atas. Hal ini berlaku baik saat Alif berada di tengah atau akhir kata. Bentuknya (dibaca: "La") adalah sebagai berikut:
(no) in English

Pelajaran 3
Menulis dalam Bahasa Arab

Dalam pelajaran ini, kita akan memiliki beberapa contoh tentang bagaimana huruf-huruf tersebut digabungkan untuk membentuk sebuah kata:

Contoh 1
Mari kita mulai dengan kata yang sederhana:
Kata "Syam" (yang artinya matahari), terdiri atas huruf-huruf berikut:
Huruf "Syin", kemudian "Mim" dan akhirnya "Sin".

  • Kita mulai dengan huruf "Syin" dalam bentuk awalnya
  • Kemudian, huruf "Mim" dalam bentuk tengahnya
  • Akhirnya, huruf "Sin" dalam bentuk akhirnya...

Ingat, menulislah dari kanan ke kiri`
Last letter ( Final form ) + Meem (Medial form ) + Sheen (Initial form )


Setelah menggabungkan huruf-huruf tersebut, maka kita mempunyai kata "Syams".





Sekarang mari kita coba kata yang lain (Bagaimana menulis nama saya??)

Contoh 2
Jika Anda belum tahu nama saya hingga saat ini, baiklah... Nama saya adalah Fadi (saya pikir nama tersebut seharusnya ditulis sebagai Fady dalam bahasa Indonesia... Anda akan mengetahui alasannya di akhir pelajaran!!!). Mari kita menulisnya:
Kata tersebut dimulai dengan huruf F , yang setara dengan huruf "Fa" dalam bahasa Arab.
Huruf berikutnya adalah A yaitu Alif dalam bahasa Arab.
Kemudian huruf D, yaitu "Dal"
Akhirnya huruf "I" atau "Y" yaitu huruf "Ya" dalam bahasa Arab (lebih banyak tentang hal ini ada di pelajaran berikutnya).
Kata tersebut akan terbentuk sebagai berikut:
Last letter ( Detached form ) + Dal (Detached form ) + Alef (Medial form ) + First letter (Initial form )

Setelah menggabungkan huruf-huruf tersebut, kata Fadi akan tertulis sebagai berikut:


Catatan: Ingat bahwa huruf "Alif" dan "Dal", keduanya berasal dari enam huruf yang tidak dapat digabungkan dengan huruf lain yang datang setelahnya, apabila huruf "Alif" dan "Dal" tersebut berada di tengah atau di akhir suatu kata. (kedua aturan yang menjelaskan hal ini, terdapat pada pelajaran sebelumnya!!). Karena aturan tersebut, huruf "Dal" dan "Ya" ditulis dalam bentuk terpisahnya. (huruf "Dal" ada tepat setelah huruf "Alif", dan huruf "Ya" ada tepat setelah huruf "Dal").


Sekarang, coba baca dua kata berikut yang merupakan kata dalam bahasa Indonesia yang ditulis menggunakan huruf Arab (satu kiat: biarkan pointer mouse diam sesaat pada tiap huruf).

 media penyimpan data !!
Anda menghubungi seseorang melalui benda ini!!


Untuk konfirmasi jawaban Anda, silahkan lanjut ke pelajaran berikutnya!!

Pelajaran 4
Tashkiil (Harakat)


Sebagaimana yang mungkin Anda sudah tebak, kata-kata pada contoh pelajaran terakhir adalah: Kata yang pertama adalah "disk" dan yang kedua adalah "telepon" Sekarang... Mari kita lanjutkan dengan pelajaran berikutnya:



    Dalam bahasa Arab, terdapat tiga jenis vokal:
  1. Tiga huruf vokal, yaitu (Alif, Waw, dan Ya) digunakan untuk vokal-vokal yang panjang (Anda harus akrab dengannya sejak saat ini).
  2. "Hamza" yang akan dijelaskan pada.
  3. Tanda-tanda vokal yang digunakan untuk vokal-vokal yang pendek. Tanda-tanda ini dalam bahasa Arab disebut "Tashkiil", dan akan dijelaskan pada pelajaran ini. (tanda ini juga dikenal sebagai harakat... Hanya nama lain dari beberapa referensi).

Note: Untuk membedakan vokal - vokal pendek dengan vokal yang panjang, maka tulisan Arab menggunakan tanda vokal. Hal ini diimplimentasikan dengan menuliskan tanda vokal tersebut di atas atau di bawah huruf. Mari kita menulis huruf "Siin" dengan menggunakan empat tanda vokal yang berbeda.

Nama tanda Digunakan pada huruf (Siin) Diucapkan
Fat-ha Sa
Dhommah Su
Kasra Si
Sukuun S


Mari kita memahami bagaimana "Tashkiil" diterapkan pada huruf:
  1. “Fat-ha” adalah tanda untuk penekanan (garis miring pendek di atas huruf). Tanda ini diletakkan di atas suatu huruf apabila menginginkan suara "A" pendek.
  2. Dhommah" adalah huruf "Waw" kecil di atas huruf. Tanda ini diletakan di atas suatu huruf apabila hendak menyuarakan "U" yang pendek setelah huruf yang bersangkutan.
  3. "Kasra" adalah sebuah garis miring pendek di bawah huruf. Tanda ini diletakkan di bawah suatu huruf apabila hendak menyuarakan "I" yang pendek setelah huruf yang bersangkutan.
  4. "Sukuun" adalah sebuah lingkaran kecil di atas suatu huruf. Tanda ini diletakkan di atas suatu huruf apabila tidak ada suara yang harus diucapkan setelah huruf tersebut.




Catatan:
  • Dalam bahasa Arab, kata - kata (Fat-ha, Dhomma, Kasra, dan Sukuun) sesungguhnya memiliki arti sebagai berikut:
    • Fat-ha artinya "pembukaan".
    • Dhomma artinya "penutupan".
    • Kasra artinya "pemutusan".
    • Sukuun artinya "diam".

    Arti kata-kata ini menunjuk kepada bentuk mulut saat pelafalannya. Sebagai contoh, Anda membuka mulut dengan lebar saat mengucapkan suara Fat-ha (yaitu "A"), dan menutup mulut saat mengucapkan suara "Dhomma" (yaitu U), dan diam saat mengucapkan suatu huruf yang memiliki Sukuun di atasnya. Saya ingin Anda mengetahui hal ini, karena menurut saya, ini dapat membantu Anda memahami bagaimana "Tashkiil" bekerja.


  • Penggunaan Tashkil bukanlah suatu keharusan dalam menulis bahasa Arab, tetapi hal ini cukup membantu untuk beberapa kasus (kata-kata dapat diucapkan dengan tepat tanpa menuliskan Tashkiil dilakukan melalui pengubahan serta berdasarkan konteks kalimat tersebut).

  • Tanda vokal sangat penting dalam bahasa Arab. Arti suatu kata dapat menjadi sangat berbeda apabila tanda vokal yang digunakan pada suatu huruf diubah. Perhatikan beberapa contoh berikut:

  • Kataba
    Kutub
    Thahab
    Thahaba
    menulis
    Buku-buku
    emas
    Pergi (bentuk lampau)

  • Tanda vokal memegang peranan yang penting dalam tata bahasa dalam bahasa Arab (oh! Saya lupa tentang tata bahasa!! Mungkin nanti!!!!).
  • Tentang "nama saya" dari pelajaran sebelumnya, saya pikir seharusnya ditulis (Fady) dalam bahasa Indonesia sebab dalam bahasa Arab, kata tersebut berakhir dengan huruf "ya", yaitu huruf "Y" dalam bahasa Indonesia, tetapi jika nama tersebut ditulis dalam bahasa Arab dan diakhiri dengan "Kasra" sebagai ganti huruf "Ya", maka dalam bahasa akan ditulis sebagai "Fadi" dengan diakhiri dengan huruf "I" (yang kita bicarakan di sini adalah perbedaan pelafalan huruf Ya" dengan tanda "Kasra", dan perbedaan ini juga berlaku untuk huruf "Alif" dan tanda "Fat-ha", serta untuk huruf "Waw" dan tanda "Dhomma"). Ya... saya memikirkannya saat pertama kali menulis nama dalam huruf non Arab yaitu dalam bahasa Perancis.... (lupakanlah!!!)




Ada dua tanda lain yang digunakan dalam tulisan Arab yang mewakili huruf tambahan, tanda tersebut adalah:

1 - Shadda:
"Shadda" mewakili huruf yang ganda yang beruntun dan tanda Ini berbentuk seperti huruf "Siin" kecil dan diletakkan di atas huruf. Sebagai contoh: Berikut ini adalah kata "qishshoh" (yang berarti "kisah"), perhatikan tanda "Shadda" di atas huruf "shod":



Catatan:
  • Saat tanda Shadda beserta tanda "Tashkiil" diaplikasikan pada suatu huruf, maka tanda Tashkiil diletakkan di atas atau di bawah tanda Shadda , bukan di atas atau di bawah huruf tersebut.
  • Perhatikan dua titik di atas huruf terakhir pada ujung kata "qishshoh" di atas. Huruf tersebut nampak seperti "Ha", tetapi huruf tersebut sebenarnya merupakan bentuk lain dari huruf "Ta" bentuk itu disebut sebagai "Ta' Marbuutoh", yang berarti "Ta yang terikat", dari bentuknya yang terikat). Huruf ini nampak seperti "ha" karena secara umum huruf ini diucapkan sama dengan "Ha", (kata di atas diucapkan "qishshah"), tetapi saat ditambahkan akhiran pada ujung kata tersebut, (karena aturan tata bahasa), maka huruf "Ta" ditulis dalam bentuknya yang asli. Mari kita lihat kata "qishshatuna" (yang berarti "kisah kami") setelah penambahan huruf "Na" pada ujung kata tersebut, huruf "Na" pada kata tersebut merupakan suatu kata ganti pemilik (pronoun).


Saya tahu hal ini membingungkan, tetapi saya ingin memberikan gambaran awal mengenai "Ta marbuutho" agar Anda memahami konsepnya.

2 - Tanwiin :
Tanwiin melafalkan huruf "Nun" pada akhir suatu kata. (ini juga tata bahasa, jadi saat ini Anda hanya memiliki gambaran umum saja). Tanwiin memiliki tiga bentuk yang serupa "Tashkiil", tetapi tanwiin hanya diletakkan di atas atau di bawah huruf terakhir kata. Tabel berikut menunjukkan "tanwiin" pada huruf "Alif", "Ba" dan "Ta".

Huruf Diucapkan
AN
BUN
TIN

Pelajaran 5
Hamza


Nah, Anda pasti bertanya-tanya mengenai huruf Hamza yang merupakan huruf terakhir pada tabel di dalam pelajaran 1, baiklah.. Pelajaran ini membahas semua tentang Hamza:

Hamza merupakan salah satu dari tiga jenis vokal dalam Bahasa Arab (tanda vokal dijelaskan pada pelajaran sebelumnya). Hamza mungkin merupakan pokok bahasan yang paling rumit dalam tulisan Arab. Saya pikir Hamza memerlukan tutorial tersendiri (bahkan beberapa pengguna bahasa Arab asli terkadang salah dalam menggunakannya pada beberapa kasus). Baiklah... Saya akan mencoba memberikan dasar tentang Hamza semudah mungkin, ayo kita mulai:

Pertama, Hamza adalah pelafalan "A" pronunciation seperti pada "Akh" (kata ini adalah kata yang sesuai yang pertama kali muncul di benak saya) kapan pun Hamza digunakan pada suatu kata, maka pengucapan kata tersebut harus dipotong pada Hamza dan suara "A" harus dilafalkan di manapun ia muncul. Mari kita lihat contoh berikut:

Sa-Al
klik untuk mendengar pengucapan kata ini:Listen to the pronunciation


Kata ini dilafalkan "Sa-al"(yang berarti "bertanya"), Ini berarti Anda harus memotong kata tersebut menjadi dua bagian. Anda harus melafalkan bagian sebelum Hamzah dan melafalkan bagian berikutnya sebagai sebuah kata baru, (dalam bahasa indonesia, hal ini dapat kita temukan dalam pengucapan kata "Jum'at").

Ada empat bentuk Hamzah yang penggunaannya ditentukan berdasarkan Tashkiil milik Hamzah itu sendiri dan "Tashkiil" dari huruf yang ada tepat sebelum "Hamza", (entah Tashkiil tersebut "Fat-ha", "Dhomma", "Kasra" atau "Sukuun").
Tabel berikut memiliki contoh untuk setiap empat bentuk Hamza:


Audio
Contoh Pelafalan
Listen to the pronunciation
means ( Woman ) Mar-aa
means ( Pearls ) Lu'-lu'
Listen to the pronunciation
means ( well -as a for water- ) Bi-er
Listen to the pronunciation
means ( Warmth ) Dif-i


Info Catatan:
Ketika Hamza terletak pada awal kata, ia selalu ditulis di atas "Alif" atau di bawahnya, tergantung "Tashkiil" Hamza itu sendiri, apabila "Tashkiil"-nya "Fat-ha", atau "Dhamma" maka Hamza ditulis di atas "Alif". Apabila "Tashkiil"-nya adalah "Kasra" maka "Hamza" ditulis di bawah "Alif". Berikut adalah kata "ana" (berarti "saya") yang ditulis seperti ini:
klik untuk mendengar pelafalannya: Listen to the pronunciation

  • Kata "iman" ditulis sebagai berikut:


  • klik untuk mendengar pelafalannya:Listen to the pronunciation

  • Anda harus memperhatikan tabel di atas, bahwa Hamza ditulis dalam empat bentuk yang berbeda tergantung pada "Tashkiil" Hamza sendiri, dan Tashkiil huruf sebelumnya. Saya pikir, inilah yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebagai permulaaan. Jika Anda ingin mempelajari aturan tentang bagaimana menulis Hamza, maka bertanyalah dan saya akan mengirimkan jawabannya melalui email

  • Beberapa sumber menganggap Hamza tidak termasuk dalam golongan huruf atau pun tanda vokal, Hamza mugkin termasuk kategori tersendiri!!!!



Saya pikir sekarang Anda telah mempelajari semua dasar tulisan bahasa Arab serta beberapa kata dan kalimat, dan Anda sudah dapat membaca atau menulis beberapa kata dalam bahasa Arab. Sekarang, yang tersisa bagi Anda adalah mempelajari kosakata dan beberapa tata bahasa untuk menciptakan kalimat. Tugas ini memerlukan lebih dari sekedar tutorial on-line yang sederhana, hal ini memerlukan waktu dan usaha Anda.! Tapi jika Anda memiliki pertanyaan yang menyangkut tutorial ini (atau pun di luarnya), kirimkan saja pesan, dan saya akan dengan senang hati membalasnya segera. Jika Anda memiliki suatu pemikiran, pertanyaan atau gagasan, jangan sungkan untuk memberitahukan saya...

Anda sekarang dapat berlatih menulis dalam tulisan Arab dengan melakukan hal-hal berikut:

1- Cobalah menulis nama Anda menggunakan huruf Arab di tabel pada pelajaran 2. Copy dan paste huruf-huruf tersebut dalam image editor manapun dan Anda akan memiliki kata Arab dalam file bentuk GIF (bagi Anda yang tidak memiliki font huruf Arab dalam sistem komputer Anda.)

2- Anda dapat menambahkan font huruf Arab ke Windows Non-Arab 95/98/2000/XP, ikuti saja beberapa langkah sederhana berikut:
  1. Miliki font huruf Arab (banyak tersedia di sini).
  2. Dari "tombol start window", pilih "setting", kemudian "control panel" lalu "fonts".
  3. Dari ""file menu" pilih "install new font".
  4. Tempatkan jenis huruf yang Anda download dan tekan "ok".


  5. Arabic Keyboard

    Now , your system should accept Arabic fonts in most applications (Word Pad, MS Word, Outlook Express and many more. Just select the Arabic text then select the Arabic font to apply, and there you have it, Arabic text on a non-Arabic system). Now you would need an Arabic Keyboard to be able to type Arabic on your PC or laptop. I recommend you buy either an Arabic keyboard for your PC/laptop or Arabic Stickers for your Keyboard (I recommend you get the full Arabic keyboard for your PC/laptop as stickers tend not to last long).

Sekarang, sistem Anda dapat menerima jenis huruf Arab di sebagian besar applikasi (word pad, MS Word, Outlook express dan masih banyak lagi). Pilih saja Teks Arab, kemudian pilih huruf Arab untuk mengaplikan Teks tersebut, dan Anda pun memiliki tesk Arab dalam Sistem non-Arab Anda).



Artikel Terkait



0 komentar:

geo fles