Pesantren Kesayangan ku

Pesantren Kesayangan ku
PONDOK PESANTREN BAITUL MAGHFIROH

IQRO

Psikologi Klinis Depresi dan penyakit Jantung

Penelitian mengungkapkan, depresi ternyata berhubungan dengan penyakit jantung baik pada pria maupun wanita. Tetapi hasil penelitian belum bisa menjelaskan mengapa wanita tidak memiliki kecenderungan meninggal akibat penyakit jantung.

Hubungan antara penyakit jantung dengan depresi masih ditelaah dalam penelitian lainnya. Laporan dari Ohio State University mengatakan, penelitian ini adalah yang pertama yang mendemonstrasikan bahwa wanita yang mengalami depresi tidak mempunyai kecenderungan bisa meninggal akibat penyakit jantung dibanding wanita yang tidak mendapat depresi.

Laporan yang dipublikasikan dalam Archives of Internal Medicine ini didasarkan pada data 5007 wanita dan 2886 pria yang terlibat dalam penelitian bertahun-tahun. Para responden ini tidak mempunyai penyakit jantung sejak 1982 sampai 1984 ketika penelitian dimulai, tetapi telah dievaluasi menderita depresi.

Mereka diikuti terus perkembangaannya sampai penelitian ini berakhir pada 1992. Penulis penelitian menyatakan, wanita yang menderita depresi memiliki 73 persen resiko lebih tinggi mengidap penyakit jantung dan kelainan jantung lainnya dibanding wanita yang tidak terkena depresi, tetapi resiko mereka tidak bertambah untuk meninggal akibat penyakit jantung.

Pria yang menderita depresi mendapat 71 persen resiko lebih tinggi untuk mendapat masalah penyakit jantung dan 2,34 kali mendapat kemungkinan meninggal akibat penyakit jantung dibanding pria yang tidak menderita depresi.

"Belum jelas mengapa depresi berhubungan dengan kasus penyakit jantung koroner tetapi tidak menyebabkan kematian pada wanita," ungkap hasil penelitian.

Secara keseluruhan hubungan antara depresi dan penyakit jantung muncul dan berhubungan dengan sejumlah faktor, termasuk fakta bahwa orang yang menderita depresi cenderung lebih suka merokok, memiliki tekanan darah tinggi dan mempunyai banyak masalah lainnya dengan tidak teraturnya detak jantung.(Sumber: Kompas)

Artikel Terkait



0 komentar:

geo fles